Minggu, 18 Desember 2011

APA ITU HYPNOTHERAPY?


Hari jumat malam yang lalu teman saya mengadakan meeting dengan mengundang teman-temannya untuk belajar mengenai Hypnotherapy. Teman saya itu pernah merasakan bagaimana hypnotherapy mampu mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Dia merasa lebih percaya diri dan optimis dibandingkan sebelum menjalani hypnotherapy. Karena saya ingin mengetahui apa itu hypnotherapy, lalu saya bertanya kepada teman saya apakah saya boleh ikut meeting yang membahas hypnotherapy tersebut? 

"Boleh" jawab teman saya, Iil.

Jam dinding menunjukkan jam 7 malam seperti yang tercantum di undangan. Namun belum ada satu peserta pun yang datang. Sambil menunggu peserta datang, saya pun bergegas ke C'Best untuk memesan makanan bersama teman saya itu. Maklum, perut sudah keroncongan.

Setelah beberapa lama, akhirnya pemateri yang akan membahas hypnotherapy datang juga. Lalu saya berkenalan dengan beliau. Namanya Mas Andi. Orangnya sangat ramah dan humoris. Kalau saya lihat, orang tersebut seperti seniman. Kelihatan dari rambutnya yang gondrong sebahu. Hehe..

Satu per satu peserta berdatangan. Mayoritas berasal dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Meja dan kursi di C'Best kami susun sedemikian rupa agar bisa digunakan meeting. Satu per satu teh botol Sosro dingin disodorkan karyawan C'Best ke setiap peserta. 

Setelah itu meeting pun dimulai.

"Hypnosis itu memiliki aliran yang berbeda-beda di 5 benua. Di Indonesia sendiri, hypnosis mulai masuk sebelum tahun 2000." Beliau memulai pembahasan.

Setelah itu beliau menjelaskan segala sesuatu mengenai hypnosis. Hypnosis yang digunakan sebagai alat terapi disebut sebagai hypnotherapy.

Hypnotherapy sendiri digunakan untuk membantu orang memprogram ulang pikirannya agar lebih baik. Ada tiga proses yang harus dilakukan dalam hypnotherapy yaitu men-delete semua pikiran buruk, mensugesti dengan pikiran baru yang positif lalu menguatkan pikiran tersebtt agar permanen. Pikiran harus dalam kondisi Alfa, kondisi dimana pikiran sangat rileks.

Beliau menceritakan pengalamannya ketika memberikan terapi kepada mahasiswa yang hampi kena DO. Setelah beliau terapi, mahasiswa tersebut menjadi mahasiswa terbaik. Beliau juga sering diminta untuk memberikan hypnotherapy secara massal kepada siswa-siswi kelas 3 SMA yang akan menghadapi UAN. terbukti, banyak siswa-siswa yang lebih siap dan tenang dalam menghadapi ujian setelah mengikuti hypnotherapy.

Beliau lalu menceritakan pengalamannya ketika membuka praktek hypnotherapy di Malang tahun 2005 pertama kali. Pada waktu itu, belum ada seorang pun yang membuka praktek hypnotherapy. Kini, banyak orang yang telah menjadi klien beliau mulai dari pelajar, guru, dosen maupun masyarakat umum. Beliau juga membuka praktek di beberapa kota.

Meeting tersebut juga diselingi tanya jawab dari peserta.

"Mas, apakah hypnotherapy yang dilakukan selalu berhasil?" tanya Dimas, salah satu peserta.

"Ya." jawab Mas Andy dengan yakin.

Beliau menjelaskan kalau dalam pelatihannya, beliau berani memberikan garansi seumur hidup. Selain itu, hypnotherapy tidak mengandung unsur sihir sedikit pun.

Saya juga bertanya, "Mas, ada teman saya yang biasa tidur 3 jam. Padahal menurut psikologi kan tidur normal 8 jam?"

Mas Andy menjawab, "Ya bisa. Saya pun setiap hari tidur hanya 1 jam dengan men-setting pikiran agar terprogram tidur 1 jam sama dengan 8 jam. Tapi setiap minggu kita harus meluangkan waktu agar bisa tidur pulas selama 8 jam untuk regenerasi sel-sel tubuh."

Dari meeting dan perbincangan dengan beliau, saya mendapatkan kesimpulan bahwa:
1. Hal yang paling beresiko dalam memberikan terapi adalah ketika salah memasukkan sugesti ke dalam pikiran.
2. Setiap apapun yang kita lakukan, hal tersebut akan kembali ke kita. Misalkan kita berbuat jahat kepada orang lain, Tuhan pasti akan membalas kita lewat orang lain juga.
3. Hynotherapy bisa digunakan untuk berbagai tujuan misalkan memberi terapi kepada orang gelisah atau memberikan pelatihan motivasi.
4. Agar bisa ahli dalam hypnotherapy, dibutuhkan latihan, latihan dan latihan.
5. Hypnosis harus disertai niat baik agar tidak disalahgunakan.
6. Hypnosis lebih mudah diterapkan kepada orang yang beragama ketimbang orang ateis sebab anchor-nya susah.(anchor itu apa ya?).

Jam tangan saya menunjukkan pukul 23.00 WIB. Mata saya terasa pedas karena mengantuk. Lalu saya berpamitan pulang sebelum acara diakhiri. Padahal sebenarnya banyak yang ingin saya tanyakan ke Mas Andy. 

Sementara itu, petugas C'Best menunggui peserta yang tidak pulang-pulang. Padahal sudah waktunya tutup. Kasihan banget petugas C'Best yang lagi piket saat itu. hihi.. Tenang Mbak, Tuhan pasti membalas kebaikan Anda kok...=)

Semoga bisa berjumpa lagi dengan Mas Andy agar bisa ngobrol dan menimba ilmu lebih jauh tentang hypnosis maupun hypnotherapy. Syukur-syukur bisa melakukan self hypnotherapy agar bisa mengatasi stress yang kadang muncul dan penyakit sulit tidur..hehe

Buat teman saya, Iil, kita siap bekerja sama untuk mengadakan pelatihan hypnotherapy, ditunggu kabar baiknya selalu.

Sumber gambar : www.blog.mlive.com

2 komentar:

ropi mengatakan...

mohon informasi lebih lanjut ttg hipnotherapy ya mas rizal

ropi mengatakan...

mohon informasi lebih lanjut ttg hipnotherapy ya mas rizal

Posting Komentar

 
;