Sabtu, 31 Desember 2011 0 komentar

3 LANGKAH MEMBUAT RESOLUSI TAHUN BARU 2012




Tahun baru 2012 telah tiba…

Hore …
Hore …
Hore …

(lho kok malah menyanyi! hehe)

Ok. Mulai serius... Hhmmm…

Ya, setiap pergantian tahun baru, banyak hal yang dilakukan orang untuk menyambutnya. Mulai dari bikin acara bakar jagung, menggelar konser musik, nonton bareng, renungan, menyalakan kembang api maupun sekedar begadang tanpa arah.

Sebagian berpendapat bahwa merayakan tahun baru adalah aktivitas hura-hura dan sia-sia.

Belum tentu juga, semua tergantung cara merayakannya.

Jika perayaan tahun baru dilakukan dengan cara negatif seperti kebut-kebutan di jalan tanpa menghiraukan aturan, ya sudah jelas sia-sia. Apalagi sampai mengganggu orang lain di jalan. Sebaliknya, jika perayaan tahun baru dilakukan dengan cara positif maka akan mendatangkan manfaat. Salah satunya yaitu membuat resolusi.

Resolusi adalah tujuan tertulis selama satu tahun mendatang. Misalkan orang gemuk menuliskan resolusi menurunkan berat badan dengan cara melakukan diet dan olahraga secara rutin. Karyawan menuliskan resolusi naik jabatan dengan cara belajar dan berani mengambil tanggung jawab lebih. Pengusaha menuliskan resolusi menaikkan omset usaha dengan cara menggiatkan kegiatan marketing, dsb.

Intinya, resolusi tersebut harus memiliki tujuan positif dan cara-cara untuk mencapainya.

Meskipun resolusi sangat baik dan bermanfaat, tidak sedikit yang hanya seumur jagung dan berakhir di tong sampah. Nah, ada beberapa saran agar hal tersebut tidak terjadi:

1.    Membuat daftar kebiasaan buruk

Disadari atau tidak, setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Sebagian orang kebiasaan buruknya sedikit sekali, sebagian lagi kebiasaan buruknya terlalu banyak. Hehe..

Kebiasaan buruk kalau dibiarkan terus, bisa bahaya. Kebiasaan itu bisa menghancurkan hidup kita. Misal, hubungan tidak harmonis, kondisi finansial menurun, dijauhi teman, karir mentok, dsb.

Nah, membuat daftar kebiasaan buruk merupakan langkah awal yang bagus sekali untuk membuang kebiasaan buruk kita.

Anda bisa menuliskan di selembar kertas kalimat berikut ini:

Kebiasaan buruk saya selama tahun 2011 adalah:
1.   ......................................................................................
2.   ......................................................................................
3.   ......................................................................................
4.   ......................................................................................
5.   ......................................................................................

Buat daftar sebanyak mungkin. Misal, terlalu banyak nonton sinetron ”mistis”, suka berbelanja secara berlebihan, tidak disiplin, banyak bicara, pemalas, dsb.

Kuncinya adalah kejujuran dan sikap mau berubah. Jika tidak, akan sangat sulit mendeteksi maupun menghilangkan kebiasaan buruk kita.

2.    Membuat resolusi

Setelah mendaftar semua kebiasaan buruk, kita bisa membuat resolusi untuk mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan positif.

Misal kebiasaan buruk kita ”terlalu banyak main game”. Kita ganti dengan ”lebih banyak membaca buku”.

Resolusi harus realistis. Hindari membuat resolusi yang ”abstrak”, “terlalu muluk” dan ”impossible”. Prinsip down to earth harus dipegang. Resolusi yang terlalu muluk lama-lama bisa membuat diri kita down sebab suatu saat kita akan sadar tidak bisa mencapainya. Buat saja resolusi kecil-kecil dan bisa kita lakukan.

Misal Anda ingin hidup sehat. Lalu Anda bertekad melakukan jogging setiap hari. Daripada menulis resolusi “Jogging setiap pagi selama 1 jam” namun Anda tidak mampu melakukannya (entah karena sibuk atau apa), sebaiknya tuliskan “Jogging setiap pagi selama 30 menit.” atau “Jogging 2x seminggu”.

Jika Anda sudah bisa melakukan aktivitas yang kecil, Anda bisa melakukan aktivitas yang lebih besar.

Untuk membuat resolusi, Anda bisa menuliskan kalimat berikut ini:

Resolusi (nama Anda) di tahun 2012 adalah:
1.   ......................................................................................
2.   ......................................................................................
3.   ......................................................................................
4.   ......................................................................................
5.   ......................................................................................

3.    Berani ambil keputusan

Langkah terakhir yaitu berani mengambil keputusan dan siap menghadapi konsekuensinya. Meskipun kadang keputusan itu memaksa kita untuk meninggalkan comfort zone.

Namun jangan sampai ceroboh dalam membuat keputusan. Buat pertimbangan sematang mungkin.

Yang penting keputusan yang kita ambil berguna untuk membuat hidup kita lebih baik di masa mendatang. Jangan sampai terperangkap pada kehidupan yang tidak kita inginkan. Hidup ini terlalu singkat. Jadi nikmatilah.

Guru saya bilang, ”Keputusan adalah sumber kekuatan.”

Selamat membuat resolusi baru tahun 2012. Semoga dapat tercapai semua resolusi Anda baik di bidang karir, pendidikan, kesehatan, keuangan, hubungan, sosial, dsb.

Akhirnya, saya ucapkan:

“GOODBYE 2011, WELCOME 2012.”

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: www.seattlerevealed.wordpress.com
Kamis, 29 Desember 2011 0 komentar

5 TIPS FOR JOB SEEKER IN JOB FAIR



One of the most waited by job seeker is Job Fair. They can find various employeer offering a job for them. Although there are many job vacancies, they have to compete with others to get a job. 

Preparation is important before going to Job Fair. It will help you having more chance to get a job. Here are five tips to get a job in Job Fair:

1. Prepare document
Document is vital tool in applying job. So, prepare all of your document before goingto job fair. Copy the original documents so you have many stock if needed anytime. Then, collect of all your document in a folder. It will help you find your document you need easily.

2. Grooming
Your appearance is noticeable by employer. Your apperance reflects your personality. So make sure you look groomy and shiny. Cut your beard and moustache. Use body lotion to make your skin look humid. You can also use gel to make your hair look wet andn eat. Wear your best clothes and shoes. Ask your family or friend whether your appearance is already good. Your good appearance make you feel more confident and create professional image.

3. Choose a job you love
When you hunt a job, make sure you know what kind of a job you want. Do not apply a job that you do not want. You will find any difficulties when you work. May be you do not have knowledge, skill or passion in that job. How you can enjoy your job if you do not love your job?

4. Do the best
Do your best. Prepare yourself as well as possible. Before going to Job Fair, you can seek information about what entreprises that join Job Fair. You can learn about their background. The information will help you in interview. Keep in mind that you go to Job Fair not for asking a job. But you are the one who offering added value and productivity for entreprises there. You have a such quality to make them better. 

5. Improve yourself
After going to job Fair, you should improve yourself. Do any activity that will increase your knowledge, skill, experience, relation and appearance. So, you will be better day to day. Someone who have more ability will get paid higher than others. Read lots of positive books. You can also join seminar, workshop, training. Or you may take course to improve your skill.

Be outstanding. Learn, learn and learn.

Sumber gambar: www.curiouscapitalist.blogs.time.com
Sabtu, 24 Desember 2011 0 komentar

3 TIPE MANUSIA DALAM MENGISI HARI MINGGU


Hari minggu adalah hari menyenangkan. Hari ini semua orang libur dari rutinitas sehari-hari dan bebas mau ngapai-ngapain. Lakukan aktivitas untuk membuat hari minggu Anda lebih menyenangkan sehingga Anda siap menghadapi hari-hari mendatang. Nah berikut beberapa alternatif aktivitas di hari minggu:

1. Si Petualang
    Selain menyehatkan, olahraga membuat kita lebih bersemangat. Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di hari minggu. Jika Anda ingin olahraga yang simple dan gak pake ribet, jogging merupakan alternatif terbaik. Jika Anda ingin olahraga yang pake goyangan dan ada musiknya, Anda bisa ke tempat umum yang menawarkan senam. Jika Anda ingin olahraga yang bisa keliling jauh sambil cuci mata, Anda bisa memilih gowes pake sepeda mountain bike atau fixie. Jika Anda ingin olahraga yang bisa membentuk tubuh menjadi six pack, Anda bisa pergi ke gym. Atau jika Anda suka olahraga yang ekstrim, Anda bisa mencoba arung jeram, mendaki gunung, dsb.

2. Si Penyuka Keindahan
   Anda bisa pergi ke tempat-tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Pilihlah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam baik dimana Anda bisa melepaskan pandangan sejauh-jauhnya misalnya pantai, pegunungan, taman, dsb. Hal tersebut akan membuat Anda fresh. Anda juga membersihkan kamar dan rumah Anda. Barang yang menumpuk membuat Anda jenuh dan pikiran buntu. Buanglah barang-barang yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan lagi. Sebelum dibuang, pilah dulu barang mana yang harus dibuang dan mana barang yang bisa dijual..hehe..Oh ya, sebaiknya Anda merapikan sendiri barang-barang Anda, sehingga Anda akan bangga pada diri sendiri jika semuanya tampak rapi berkat sentuhan tangan Anda. Ruangan yang rapi dan bersih akan membuat Anda lebih semangat dan bahagia.

3. Si Pemalas
Orang pemalas biasanya tidak suka pergi keluar rumah. Dia cenderung penyendiri. Namun ingat, orang rajin pun bisa menjadi pemalas jika gak ada mood. Hal tersebut bisa terjadi akibat kecapekan atau kebanyakan di luar rumah sehingga rindu suasana yang homey. Jika sedang malas, Anda bisa memilih aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. Misal membaca buku, nonton film atau tidur sepuasnya. Hehe..

Selamat beraktivitas di hari minggu...

sumber gambar: www.phoenix.fanster.com
0 komentar

TRIBUTE TO MY GRANDFATHER

Mungkin ada benarnya anggapan yang menyatakan bahwa manusia setelah tua, akan berperilaku seperti anak-anak. Terbukti dari kehidupan kakek dan nenek saya. Mulai dari permintaan yang harus dituruti, sifat keras kepala maupun hal-hal kecil yang selalu jadi sumber keributan.


Jumat, 23 Desember 2011 0 komentar

KESALAHAN UMUM DALAM PENAMPILAN


Penampilan saat ini tidak bisa hanya dianggap sebagai alat penutup aurat saja. Penampilan kini lebih berfungsi sebagai alat untuk mengkomunikasikan citra diri atau image kepada orang lain. Image orang lain terhadap diri kita sangat dipengaruhi oleh pakaian apa yang kita pakai saat orang lain melihat diri kita.

Misalkan ketika Anda sedang berjalan-jalan di tempat umum, tiba-tiba Anda melihat tiga orang pria dengan penampilan berbeda.Yang pertama, Anda melihat ada seorang pria yang mengenakan jeans belel, baju hitam bergambar tengkorak dan rambutnya gondrong. Selanjutnya ada melihat ada seorang pria memakai celana bahan rapi, kemeja necis dan rambutnya klimis. Berikutnya Anda melihat seorang pria memakai baju gamis putih, bersorban dan jenggotnya menjuntai ke bawah. Apa kesan Anda terhadap ketiga orang tersebut? Pasti Anda menyangka orang pertama adalah preman, orang kedua pengusaha dan orang ketiga kyai. Iya kan?

Tidak hanya citra diri. Penampilan kita juga bisa membuat orang lain merasa nyaman dengan diri kita. Mereka akan senang ngobrol maupun bergaul dengan kita. Namun jika penampilan kita payah, maka orang lain cenderung menghindari kita karena merasa tidak nyaman dengan penampilan kita. Itulah kenapa kebanyakan orang bergaul dengan orang-orang yang memiliki penampilan serupa dengan dirinya. Orang rapi cenderung bergaul dengan orang rapi. Orang modis cenderung bergaul dengan orang modis. Orang penampilan biasa cenderung kumpulannya orang biasa juga.

Nah, berikut kesalahan umum dalam penampilan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Warna baju tidak macth dengan warna celana.
  Misalkan warna celana abu-abu, warna pakaian kuning. Hal ini terkesan warnanya "nabrak". Sebaiknya jika Anda belum tahu cara nge-matchkan warna, gunakan celana yang berwarna hitam. Sebab warna hitam adalah warna netral yang bisa dipadukan dengan warna baju apa saja. Atau Anda bisa menanyakan ke teman atau saudara Anda yang paham betul tentang penampilan apakah warna baju anda sudah macth dengan warna celana?

2. Baju kebesaran atau kekecilan.
    Ada orang yang memakai baju kebesaran. Seolah-olah baju tersebut pemberian orang gemuk. Ada juga orang yang memakai baju kekecilan sehingga terlihat seperti mengenakan baju adiknya. Hehe.. Baju kebesaran maupun kekecilan cocoknya hanya dipakai saat tidur saja. Gunakanlah pakaian dan celana dengan ukuran pas yang membuat Anda merasa nyaman.

3. Tidak memakai pakaian dalam
    Hal ini bisa menimbulkan "burket" pada ketika baju serta membuat baju basah oleh keringat. Sebaiknya gunakan pakaian dalam putih seperti kaos untuk menyerap keringat dan menghindari burket. Selain membuat Anda tampil prima, hal tersebut bisa membuat baju Anda awet.

4. Ada bagian baju dan celana yang "sobek" atau "bolong" 
   Baju dan pakaian yang sobek atau bolong bisa menyita perhatian orang lain. Mereka pasti memperhatikan bagian tersebut. Bisa-bisa Anda ditertawakan. Apalagi jika bagian tersebut dekat dengan "area terlarang". Hehe... Jangan gunakan pakaian tersebut di tempat umum.

5. Baju yang dipakai itu-itu saja.
   Ada orang yang jarang sekali ganti baju. Baju yang dipakai itu-itu saja. Hal ini menyebabkan kebosanan pada orang lain. Selain itu, Anda terlihat tidak "fresh". Gunakan baju maksimal 2 hari. Setelah itu cuci. Jika stok baju Anda terbatas, Anda bisa pergi ke toko baju yang menawarkan diskon atau harga terjangkau. Selanjutnya selektiflah dalam memilih agar baju yang Anda beli tidak terkesan murahan.

6.Tidak memakai deodoran
  Deodoran sangat membantu menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap. Apalagi jika aktivitas Anda sangat tinggi. Waktu tubuh Anda mengeluarkan bau tidak sedap, mungkin Anda tidak terasa. Namun bau tidak sedap tersebut biasanya lebih bisa tercium orang lain. Ingat, tidak ada orang yang mau dekat dengan orang yang punya bau badan tidak sedap. Anda juga begitu kan?

7. Tidak mau belajar soal penampilan
   Orang-orang seperti ini biasanya merasa cukup dengan apa yang selama ini kenakan. Mereka merasa pakaiannya sudah bagus atau pas. Padahal belum tentu orang lain menganggap demikian. Orang yang tidak mau belajar soal penampilan biasanya penampilannya biasa-biasa saja atau tidak menarik. Cara sederhana untuk belajar soal penampilan adalah bergaul dengan orang yang paham dan sangat memperhatikan penampilan. Orang tersebut biasanya modis dan rapi. Anda bisa bertanya dan meminta pendapat kepada orang tersebut soal penampilan Anda. Anda juga bisa mengajak orang tersebut untuk menemani Anda saat berbelanja pakaian. Masukan mereka akan sangat membantu. Langkah ini yang biasanya saya terapkan.
 
Oke, saya akan membahas aturan dasar, tips dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penampilan pada artikel-artikel berikutnya. =)

Semoga bermanfaat.

*Waktu nulis artikel ini, saya jadi ingat penampilan saya yang masih cupu bin payah banget pada waktu jaman baheula dulu, hehe.."

sumber gambar: www.valeriehersleven.com
 


Rabu, 21 Desember 2011 1 komentar

TULISAN KEREN TENTANG IBU


Kalau ibu saya bisa menerjemahkan ini, pasti saya kasihkan tulisan ini ke beliau... hehehe
0 komentar

3 KISAH INSPIRATIF DI HARI IBU



KISAH I - MAWAR UNTUK IBU

Seorang pria muda singgah di toko bunga untuk memesan karangan bunga mawar yang akan dikirimkan secara paket ke rumah ibunya. Hal itu dilakukan karena ia sangat sibuk sehingga ia tidak memiliki waktu luang sedikit pun untuk mengirimnya sendiri menuju rumah ibunya.

Begitu keluar dari mobil, ia melihat seorang gadis kecil berdiri di trotoar jalan sambil menangis tersedu-sedu.

"Kenapa kamu menangis?" tanya pria tersebut.

"Aku hanya ingin membeli setangkai bunga mawar untuk ibu saya. Tetapi uang saya hanya lima ratus, sedangkan bunga mawar itu harganya seribu." jawab gadis kecil itu sambil menunjuk bunga mawar yang diinginkannya.

Pria itu tersenyum dan berkata, "Tenang saja, aku akan membelikan bunga mawar yang kau mau."

Kemudian ia membelikan gadis kecil itu setangkai bunga mawar merah. Ketika selesai dan hendak pulang, ia menawarkan diri untuk mengantar gadis kecil itu pulang ke rumah agar bisa segera menemui ibunya.

Gadis itu melonjak gembira, "Ya tentu saja. Maukah Anda mengantarkan ke tempat ibu saya?"

Kemudian mereka berdua menuju ke tempat yang ditunjukkan gadis kecil itu yaitu sebuah tempat pemakaman umum. Lalu gadis kecil itu meletakkan bunga mawar yang dibawanya pada sebuah kuburan yang masih basah.

Melihat hal itu, pria tersebut menitikkan air mata. Ia teringat sesuatu. Ia lalu bergegas kembali menuju toko bunga tadi dan membatalkan paket kirimannya. Ia mengambil sendiri karangan bunga mawar tersebut dan mengantarkannya sendiri menuju rumah ibunya.


KISAH II - IBU, MAAFKAN AKU

Alkisah di sebuah desa, ada seorang ibu yang sudah tua, hidup berdua dengan anak satu-satunya. Suaminya sudah lama meninggal karena sakit. Sang ibu sering kali merasa sedih memikirkan anak satu-satunya.

Anaknya mempunyai tabiat yang sangat buruk yaitu suka mencuri, berjudi, mengadu ayam dan banyak lagi.

Ibu itu sering menangis meratapi nasibnya yang malang, Namun ia sering berdoa memohon kepada Tuhan: “Tuhan tolong sadarkan anakku yang kusayangi, supaya tidak berbuat dosa lagi. Aku sudah tua dan ingin menyaksikan dia bertobat sebelum aku mati”

Namun semakin lama si anak semakin larut dengan perbuatan jahatnya, sudah sangat sering ia keluar masuk penjara karena kejahatan yang dilakukannya.

Suatu hari ia kembali mencuri di rumah penduduk desa, namun malang dia tertangkap. Kemudian dia dibawa ke hadapan raja utk diadili dan dijatuhi hukuman pancung. Pengumuman itu diumumkan ke seluruh desa, hukuman akan dilakukan keesokan hari di depan rakyat desa dan tepat pada saat lonceng berdentang menandakan pukul enam pagi.

Berita hukuman itu sampai ke telinga si ibu dia menangis meratapi anak yang dikasihinya dan berdoa berlutut kepada Tuhan “Tuhan ampuni anak hamba, biarlah hamba yang sudah tua ini yang menanggung dosa nya”.

Dengan tertatih tatih dia mendatangi raja dan memohon supaya anaknya dibebaskan. Tapi keputusan sudah bulat, anakknya harus menjalani hukuman.

Dengan hati hancur, ibu kembali ke rumah. Tak hentinya dia berdoa supaya anaknya diampuni, dan akhirnya dia tertidur karena kelelahan dan dalam mimpinya dia bertemu dengan Tuhan.

Keesokan harinya, ditempat yang sudah ditentukan, rakyat berbondong-bondong manyaksikan hukuman tersebut. Sang algojo sudah siap dengan pancungnya dan anak sudah pasrah dengan nasibnya.

Tiba-tiba anak tersebut terbayang wajah ibunya yang sudah tua. Tanpa terasa ia menangis menyesali perbuatannya. 

Detik-detik yang dinantikan akhirnya tiba. Sang Algojo memukul lonceng tanda hukuman pancung dimulai. Namun, lonceng belum juga berdentang. Waktu sudah berjalan lima belas menit dan suasana mulai berisik. 

Akhirnya petugas yang bertugas membunyikan lonceng datang. Ia mengaku heran karena sudah sejak tadi dia menarik tali lonceng tapi suara dentangnya tidak ada.

Saat mereka semua sedang bingung, tiba-tiba dari tali lonceng itu mengalir darah. Darah itu berasal dari atas tempat di mana lonceng itu diikat. Dengan jantung berdebar-debar, seluruh rakyat menantikan ketika beberapa orang naik ke atas menyelidiki sumber darah tersebut.

Tahukah anda apa yang terjadi?

Ternyata di dalam lonceng ditemui tubuh si ibu tua dengan kepala hancur berlumuran darah. Dia memeluk bandul di dalam lonceng yang menyebabkan lonceng tidak berbunyi. Dan sebagai gantinya, kepalanya yang terbentur di dinding lonceng. Seluruh orang yang menyaksikan kejadian itu tertunduk dan meneteskan air mata.

Sementara si anak meraung-raung memeluk tubuh ibunya yang sudah diturunkan dari lonceng. Ia sangat menyesali dirinya yang selalu menyusahkan ibunya. Ternyata malam sebelumnya si ibu dengan susah payah memanjat ke atas dan mengikat dirinya di lonceng supaya bisa memeluk besi dalam lonceng untuk menghindari hukuman pancung anaknya.

sumber : http://ekojuli.wordpress.com


KISAH III -DIALOG ANAK DENGAN TUHAN

Seorang anak, bertanya kepada Tuhan-Nya, "Tuhan, kenapa ibuku menangis?"

Jawab Tuhan, "Karena ibumu seorang wanita."

Tuhan lalu melanjutkan:
"Aku ciptakan dia sebagai makhluk yang sangat istimewa.
Aku kuatkan bahunya untuk menjaga dunia.
Aku lembutkan hatinya untuk memberi rasa aman.
Aku kuatkan rahimnya untuk melahirkan benih manusia.
Aku tabahkan pribadinya untuk terus berjuang di saat orang lain menyerah.
Aku beri dia rasa sensitif untuk mencintai putra-putrinya dalam keadaan apa pun.
Aku beri dia keindahan untuk melindungi batin suaminya.
Ingatlah, bundamu adalah makhluk yang kuat.
Jika kau melihat bundamu menangis, itu karena aku beri dia air mata, yang bisa membasuh luka batinnya dan memberi kekuatan baru.

SELAMAT HARI IBU - 22 Desember 2011

Sumber gambar: www.fifyazman.wordpress.com
Backsound       : Melly Goesllow - Bunda


Selasa, 20 Desember 2011 0 komentar

SUDAH SAYA BUANG DI SUNGAI MAHAKAM

Sewaktu tiba di rumah setelah menempuh 4 jam perjalanan dari Samarinda, saya segera mengecek semua barang saya di tas khawatir kalau ada  yang ketinggalan. Setelah saya keluarkan semua isi tas, ada yang aneh. Sepertinya ada barang saya yang tidak ada. Tapi apa ya barangnya?

Setelah mencoba mengingat-ngingat beberapa menit, saya baru sadar ternyata baju kotor saya yang tidak ada. Dalam kondisi tepar di kasur, saya mencoba mengingat kembali dimana terakhir saya meletakkan barang itu. Oh ya, saya masih ingat! Baju saya yang kotor saya masukkan ke dalam koper teman saya, si Alfa, sebelum balik ke Malang.

Saya segera merogoh saku dan mengeluarkan HP.

"Eh ada baju kotor saya di kopermu nggak? Soalnya seingat saya tadi saya masukkan kopermu." Sms saya ke Alfa.

Setelah beberapa menit, dia membalas "Sudah tak buang di sungai Mahakam tadi."

Saya langsung ngakak. Saya tahu teman saya pasti ngerjain saya. Jadi saya biarin saja.

Setelah beberapa menit, tiba-tiba Hp saya berdering lagi. Saya raih Hp saya yang tergeletak di kasur. Ternyta ada sms dari si Alfa.

Dalam hati saya, "Pasti teman saya mau mengembalikan baju kotor saya yang ketinggalan di kopernya."

Ternyata bukan, justru dia bertanya "Eh, kamu lihat sandalku nggak? Barangkali ada di tasmu. Kok di koperku saya cari tidak ada."

Sambil tertawa ngakak, saya buka balasan sms dia ke saya, saya edit sedikit, kemudian saya kirim balik ke dia, "Sudah tak buang di sungai Mahakam. Hwkwkwk...*guling-guling*"

Dasar sama-sama bahlul...LOL

0 komentar

KETIKA KITA HARUS MEMILIH


Seorang Dosen mengadakan suatu permainan kecil kepada mahasiswanya yang sudah berumah tangga.

"Mari Kita buat satu permainan, mohon satu orang bantu saya sebentar."
Kemudian salah satu mahasiswa berjalan menuju Papan Tulis.

DOSEN: Silahkan Tulis 10 nama yg paling dekat dengan anda pada papan Tulis.

Dalam sekejap sudah dituliskan semuanya oleh mahasiswa tersebut. Ada nama tetangganya, nama orang tuanya, kekasihnya, anaknya dan lain-lain.

Dosen: Sekarang silahkan Coret 2 nama yg menurut anda tidak penting.

Mahasiswa itu lalu mencoret nama tetangganya.

Dosen: Silahkan Coret 2 lagi !

Mahasiswa itu lalu mencoret nama teman2 kantornya.

Dosen: silahkan Coret 1 lagi !

Mahasiswa Itu mencoret lagi satu nama dari papan tulis dan seterus sampai tersisa 3 nama yaitu orang tuanya, istrinya, dan anaknya.

Suasana kelas hening... Mereka mengira semua sudah selesai dan tidak ada lagi yg harus dipilih.
Tiba tiba Dosen Berkata

Dosen: Silahkan Coret 1 lagi!

Mahasiswa itu perlahan mengambil pilihan yg amat sulit lalu dia mencoret nama orang tuanya secara perlahan.

Dosen: Silahkan Coret 1 lagi!

Hatinya menjadi bingung. Kemudian mengangkat kapur dan lambat laun mencoret nama anaknya. Dalam sekejap waktu mahasiswa itupun menangis.

Setelah suasana tenang sang Dosen bertanya kepada Mahasiswa itu. "Orang terkasihmu bukan orang tuamu dan anakmu? Orang tua yang membesarkan Anda, anak anda adalah darah daging anda , sedang istri  itu bisa di cari lagi. Tapi mengapa anda berbalik memilih istri anda sebagai orang yang paling sulit untuk dipisahkan?

Semua orang didalam kelas terpana dan menunggu apa jawaban dari Mahasiswa tersebut...

Lalu mahasiswa itu perlahan berkata,,, "Sesuai waktu yang berlalu, orang tua akan pergi dan meninggalkan saya... sedang anak jika sudah dewasa setelah itu menikah pasti meninggalkan saya juga... yang benar2 bisa menemani saya dalam hidup ini sampai akhir hayat hanyalah istri saya..."

Let
ur wife know that you love her ...


sumber gambar : www.blake.co.za
1 komentar

SAYA + TUHAN = CUKUP


Masa depan saya ditentukan oleh diri saya sendiri
Apa yang sudah terjadi, itulah NASIB
Apa yang belum terjadi, itulah TAKDIR
Selalu berprasangka POSITIF terhadap takdir-Nya
Tuhan tidak akan mengubah keadaan saya 
Sebelum saya mengubah diri saya terlebih dahulu
Saya + Tuhan = Cukup

Minggu, 18 Desember 2011 2 komentar

APA ITU HYPNOTHERAPY?


Hari jumat malam yang lalu teman saya mengadakan meeting dengan mengundang teman-temannya untuk belajar mengenai Hypnotherapy. Teman saya itu pernah merasakan bagaimana hypnotherapy mampu mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Dia merasa lebih percaya diri dan optimis dibandingkan sebelum menjalani hypnotherapy. Karena saya ingin mengetahui apa itu hypnotherapy, lalu saya bertanya kepada teman saya apakah saya boleh ikut meeting yang membahas hypnotherapy tersebut? 

"Boleh" jawab teman saya, Iil.

Jam dinding menunjukkan jam 7 malam seperti yang tercantum di undangan. Namun belum ada satu peserta pun yang datang. Sambil menunggu peserta datang, saya pun bergegas ke C'Best untuk memesan makanan bersama teman saya itu. Maklum, perut sudah keroncongan.

Setelah beberapa lama, akhirnya pemateri yang akan membahas hypnotherapy datang juga. Lalu saya berkenalan dengan beliau. Namanya Mas Andi. Orangnya sangat ramah dan humoris. Kalau saya lihat, orang tersebut seperti seniman. Kelihatan dari rambutnya yang gondrong sebahu. Hehe..

Satu per satu peserta berdatangan. Mayoritas berasal dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Meja dan kursi di C'Best kami susun sedemikian rupa agar bisa digunakan meeting. Satu per satu teh botol Sosro dingin disodorkan karyawan C'Best ke setiap peserta. 

Setelah itu meeting pun dimulai.

"Hypnosis itu memiliki aliran yang berbeda-beda di 5 benua. Di Indonesia sendiri, hypnosis mulai masuk sebelum tahun 2000." Beliau memulai pembahasan.

Setelah itu beliau menjelaskan segala sesuatu mengenai hypnosis. Hypnosis yang digunakan sebagai alat terapi disebut sebagai hypnotherapy.

Hypnotherapy sendiri digunakan untuk membantu orang memprogram ulang pikirannya agar lebih baik. Ada tiga proses yang harus dilakukan dalam hypnotherapy yaitu men-delete semua pikiran buruk, mensugesti dengan pikiran baru yang positif lalu menguatkan pikiran tersebtt agar permanen. Pikiran harus dalam kondisi Alfa, kondisi dimana pikiran sangat rileks.

Beliau menceritakan pengalamannya ketika memberikan terapi kepada mahasiswa yang hampi kena DO. Setelah beliau terapi, mahasiswa tersebut menjadi mahasiswa terbaik. Beliau juga sering diminta untuk memberikan hypnotherapy secara massal kepada siswa-siswi kelas 3 SMA yang akan menghadapi UAN. terbukti, banyak siswa-siswa yang lebih siap dan tenang dalam menghadapi ujian setelah mengikuti hypnotherapy.

Beliau lalu menceritakan pengalamannya ketika membuka praktek hypnotherapy di Malang tahun 2005 pertama kali. Pada waktu itu, belum ada seorang pun yang membuka praktek hypnotherapy. Kini, banyak orang yang telah menjadi klien beliau mulai dari pelajar, guru, dosen maupun masyarakat umum. Beliau juga membuka praktek di beberapa kota.

Meeting tersebut juga diselingi tanya jawab dari peserta.

"Mas, apakah hypnotherapy yang dilakukan selalu berhasil?" tanya Dimas, salah satu peserta.

"Ya." jawab Mas Andy dengan yakin.

Beliau menjelaskan kalau dalam pelatihannya, beliau berani memberikan garansi seumur hidup. Selain itu, hypnotherapy tidak mengandung unsur sihir sedikit pun.

Saya juga bertanya, "Mas, ada teman saya yang biasa tidur 3 jam. Padahal menurut psikologi kan tidur normal 8 jam?"

Mas Andy menjawab, "Ya bisa. Saya pun setiap hari tidur hanya 1 jam dengan men-setting pikiran agar terprogram tidur 1 jam sama dengan 8 jam. Tapi setiap minggu kita harus meluangkan waktu agar bisa tidur pulas selama 8 jam untuk regenerasi sel-sel tubuh."

Dari meeting dan perbincangan dengan beliau, saya mendapatkan kesimpulan bahwa:
1. Hal yang paling beresiko dalam memberikan terapi adalah ketika salah memasukkan sugesti ke dalam pikiran.
2. Setiap apapun yang kita lakukan, hal tersebut akan kembali ke kita. Misalkan kita berbuat jahat kepada orang lain, Tuhan pasti akan membalas kita lewat orang lain juga.
3. Hynotherapy bisa digunakan untuk berbagai tujuan misalkan memberi terapi kepada orang gelisah atau memberikan pelatihan motivasi.
4. Agar bisa ahli dalam hypnotherapy, dibutuhkan latihan, latihan dan latihan.
5. Hypnosis harus disertai niat baik agar tidak disalahgunakan.
6. Hypnosis lebih mudah diterapkan kepada orang yang beragama ketimbang orang ateis sebab anchor-nya susah.(anchor itu apa ya?).

Jam tangan saya menunjukkan pukul 23.00 WIB. Mata saya terasa pedas karena mengantuk. Lalu saya berpamitan pulang sebelum acara diakhiri. Padahal sebenarnya banyak yang ingin saya tanyakan ke Mas Andy. 

Sementara itu, petugas C'Best menunggui peserta yang tidak pulang-pulang. Padahal sudah waktunya tutup. Kasihan banget petugas C'Best yang lagi piket saat itu. hihi.. Tenang Mbak, Tuhan pasti membalas kebaikan Anda kok...=)

Semoga bisa berjumpa lagi dengan Mas Andy agar bisa ngobrol dan menimba ilmu lebih jauh tentang hypnosis maupun hypnotherapy. Syukur-syukur bisa melakukan self hypnotherapy agar bisa mengatasi stress yang kadang muncul dan penyakit sulit tidur..hehe

Buat teman saya, Iil, kita siap bekerja sama untuk mengadakan pelatihan hypnotherapy, ditunggu kabar baiknya selalu.

Sumber gambar : www.blog.mlive.com
Minggu, 11 Desember 2011 0 komentar

MOTIVATOR JALANAN DARI KALIMANTAN TIMUR


Dari kiri: Syamsudin, Hengky, Faizal. (saya jadi tukang fotonya jadi gak kelihatan, he)
Satu bulan yang lalu saya bersama rekan saya mendapat undangan untuk mengisi pelatihan di Islamic Centre Samarinda Kalimantan Timur. Saya senang sekali sebab selama seumur hidup saya, baru kali ini saya pergi ke pulau Kalimantan. Sebelum berangkat, saya menyiapkan segala sesuatunya mulai dari pakaian hingga kamera. Saya yakin ini adalah pengalaman menyenangkan yang tidak akan saya lupakan dalam hidup saya.

Saya bersama rekan menuju pulau Kalimantan menggunakan pesawat Lion Air dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Sepinggan Balikpapan. Ternyata Bandara Sepinggan sangat bagus. Letaknya di pinggir pantai membuat pemandangan di sekeliling bandara sangat indah.

Di ruang tunggu, sudah siaga seorang supir taksi yang bertugas menjemput saya dan rekan saya. Mobil taksi yang saya tumpangi bukan mobil sedan seperti di pulau Jawa, melainkan mobil Kijang Innova.

#Bodi Preman, Hati Baik

Supir taksi yang membawa kami ke Samarinda memiliki tubuh besar, berkulit coklat kehitaman dan logat bicaranya seperti orang dari Indonesia Timur. Meskipun sekilas perawakannya mirip preman, ternyata orangnya sangat baik, lucu dan menyenangkan. Selama perjalanan kami dihibur dengan musik-musik easy listening. Cara mengemudi mobilnya juga sangat mahir sehingga kami  merasa nyaman. Sambil mengemudikan mobil, si supir lalu memperkenalkan diri namanya Hengky. Tidak itu, sepanjang perjalanan beliau menceritakan pengalaman hidupnya.

#Separuh Hidup Dihabiskan Di Jalanan

Beliau lalu bercerita bahwa separuh dari hidupnya dihabiskan di jalanan alias berprofesi sebagai supir. Mobil Kijang Innova yang dikendarai sekarang ini adalah miliknya. Hasil dari kerja kerasnya selama ini. Pada mulanya dia bekerja pada seorang Pak Haji yang memiliki usaha taksi. Beliau bekerja puluhan tahun mulai mobil Pak Haji memiliki 1 mobil taksi 1 memiliki 13 mobil taksi. Lalu beliau berpikir, “Wah kalau saya begini terus kapan saya punya mobil sendiri”. Akhirnya pada tahun 1997 beliau memutuskan mengundurkan diri. Sebelum mengundurkan diri, Pak Haji memberikan uang 40 juta kepada beliau sebagai uang pesangon. Pak hengky pertama menyangka uang itu sebagai uang pinjaman. Beliau lalu mengembalikan uang itu kepada Pak Haji. Beliau bilang tidak mau menerima uang sepeser pun dalam bentuk pinjaman. Lalu Pak Haji menjelaskan kalau beliau ikhlas memberikan uang itu kepada Pak hengky. Sebab Pak Hengky selama ini sangat berjasa, setia dan jujur dalam menjalankan tugasnya sebagai supir. Uang tersebut merupakan bentuk ucapan terima kasih atas pengabdian Pak Hengky. Akhirnya, Pak Hengky menerima uang tersebut.

Uang tersebut tidak dihabiskan begitu saja, melainkan beliau gunakan sebagai uang muka untuk membeli mobil Kijang Innova. Mobil tersebut lalu beliau gunakan sebagai taksi. Hasil dari mengemudi taksi beliau gunakan untuk membayar uang angsuran mobil. Kini, beliau sudah memiliki 2 buah mobil Kijang Innova.

#Orang Ambon Yang Lahir, Besar Dan Memilih Menghabiskan Hidupnya Di Samarinda

Ada fakta yang menarik dari Pak Hengky. Jadi Pak Hengky itu sebenarnya orang ambon. Tapi beliu lahir dan besar di Samarinda. Anehnya, beliau tidak mau kembali ke Ambon karena di sana banyak kerusuhan. Beliau lebih senang tinggal di Samarinda sebab daerahnya damai.
Banyak hikmah yang bisa saya petik dari perjalanan hidup beliau. Berikut ceritanya:
Beliau bercerita bahwa sekarang banyak temannya yang menjadi kepala dinas padahal dulu waktu sekolah dia adalah tukang contek. Mereka pun bermacam-macam wataknya, ada yang baik, ada yang sombong. “Badannya dilebar-lebarin,’ kata Pak Hengky.

#Sungai Adalah Hajat Hidup Orang Banyak

Kata Pak Hengky, orang Kalimantan dulu hidupnya di sungai sebab sungai merupakan hajat hidup. Maklum dulu mayoritas wilayah Kalimantan adalah hutan jadi transportasi sulit. Selain itu rata-rata diameter kayu berukuran 40-120 m. Dengan kocaknya beliau menceritakan percakapan dengan ibunya dulu waktu masih remaja, “Mak, kenapa Bapak dulu tidak mengambil tanah di daratan? Kalau Bapak dulu mengambil tanah di daratan, pasti sekarang keluarga kita menjadi kaya raya.” Jawab Ibunya Pak Hengky, “Gila kamu Heng! Butuh waktu 2 bulan untuk memotong kayu.”

Yah, waktu itu belum ada peralatan berat yang digunakan untuk memotong kayu besar seperti sekarang ini. Yang ada hanyalah sejenis kapak. Sekarang kondisi sudah berubah. Banyak wilayah hutan yang kini menjadi jalan umum, perumahan dan sarana publik. Orang-orang yang mengambil tanah di daratan kini menjadi orang kaya raya sebab mereka memiliki tanah tidak perlu membeli tanah. Dulu sempat berlaku kebijakan bahwa siapa yang tinggal di atas tanah, maka tanah itu menjadi hak milik orang yang tinggal di atas tanah itu. Sekarang kebijakan itu sudah titdak berlaku lagi. Tidak semua orang bisa mencaplok tanah dengan mudahnya.

#Ingin Kuliah, Tidak Ada Biaya

Pak hengky juga bercerita bahwa orang tuanya bukanlah orang yang memiliki pendidikan tinggi. Melainkan hanya lulusan SD. Profesi ayahnya adalah seorang satpam. Pak Hengky masih ingat betul waktu itu dia ranking 2 se-SMA. Setelah lulus, beliau bilang ke ayahnya, “Pak, saya mau kuliah.” Jawab ayah Pak Hengky, “Kalau kamu mau kuliah, Bapak tidak ada biaya.”

Glekk...

Pak Hengky merasa seperti disambar petir. Beliau yakin secara otak di mampu kuliah. Tampaknya saat itu kuliah adalah harapan kosong sebab ayahnya tidak memiliki biaya. Pak Hengky lalu mengurung diri di dalam kamar. Masa depan indah yang beliau impikan seperti mimpi di siang bolong.

#Kejujuran dan Sopan Santun

Namun beliau masih ingat ajaran orang tuanya yang selama ini dia pegang hingga beliau sukses seperti sekarang ini yaitu mengenai kejujuran dan sopan santun. Ayahnya bilang kalau menjadi orang jujur akan dipercaya oleh orang lain. Dan itu terbukti. Meskipun Pak Hengky sekarang  sudah berhenti bekerja sebagai supir ke Pak Haji, Pak Haji masih sering telpon ke Pak Hengky menanyakan apakah supirnya bertindak ugal-ugalan di jalan. Pak Hengky masih percaya kepada Pak Hengky hingga sekarang. Bahkan Pak Haji tidak segan-segan memecat supirnya yang ugal-ugalan di jalan jika mendapat laporan dari Pak Hengky.

#Mending Lihat Sponge Bob

Pak Hengky juga mengkritik para politikus yang sering tampil di TV. Beliau bilang, “Mending lihat Sponge Bob ketimbang lihat para politikus di TV. Saya muak melihat wajah mereka.” Maklu, Pak Hengky bilang jangan Jakarta saja yang diurusin, tetapi daerah luar juga. Contoh kasus warga negara Indonesia yang tinggal di daerah perbatasan dengan Malaysia. Para politikus dengan mudahnya bilang warga negara Indonesia yang menjadi warga negara Malaysia tidak memiliki nasionalisme. Pak Hengky tidak setuju dengan pendapat itu. “Ini bukan soal nasionalisme, ini soal urusan perut. Orang tidak akan memikirkan nasionalisme sebelum perutnya kenyang.” Pak Hengky berpendapat bahwa mereka tidak peduli apa warga negaranya, yang mereka pedulikan hanyalah bagaimana mereka bisa makan untuk bertahan hidup.

#Penyanyi Cafe Menang di Gaya

Ternyata Pak Hengky juga pernah merantau ke Jakarta mengadu nasibnya. Ya, dia mengadu nasibnya dengan cara menjadi penyanyi cafe. Namun profesi tersebut tidak bertahan lama, sebab “Penyanyi cafe cuma menang di gaya” kata Pak Hengky. Sementara untuk penghasilan pas-pasan. Akhirnya beliau memutuskan kembali ke Samarinda untuk menjadi sopir. Penghasilan yang didapatkan lebih besar ketimbang menjadi penyanyi cafe.

#Matilah Di Tangan Tuhan, Jangan Mati Di Tangan Supir

Sebagian supir taksi kalau mengemudikan mobil ugal-ugalan. Hal ini menyebabkan penumpang merasa takut dan khawatir kalau nyawanya berakhir tragis. Usia hidup seseorang tidak ada yang tahu, semua nyawa manusia ada di tangan Tuhan. Namun kalau seseorang sedang naik taksi yang supirnya ugal-ugalan, bisa-bisa dia mati akibat kecerobohan si supir. Oleh karena itu, jika berpergian menggunakan taksi, pilihlah supir yang memperhatikan keselamatan dan kenyamanan Anda. Jangan sampai Anda meninggal di tangan supir. Meninggalah di tangan Tuhan.

#Anak Sekarang Modal Harus Disiapkan

Pak Hengky bercerita mengenai kehidupan keluarganya. Jadi beliau itu tujuh bersaudara. Ketika beliau dan saudara-saudaranya sukses seperti sekarang ini, sayang ayahnya sudah meninggal sehingga tidak bisa melihat kesuksesan anaknya sekarang ini. Dia menceritakan perbedaan kehidupan remaja jaman dahulu dengan sekarang. “Kalau dulu, anak disuruh apapun tidak malu. Tapi kalau anak jaman sekarang, modal harus disiapkan.” kata beliau. Dia teringat dulu sewaktu teman-temannya kuliah, dia harus bekerja kasar di pabrik kayu untuk bertahan hidup. Kemudian dia bekerja sebagai supir. Sedangkan sekarang, jarang ada anak yang mau bekerja kasar. Semua kebutuhan sudah dibiayai orang tua. Itulah kenapa mental anak-anak jaman sekarang payah.

#Lebih Kaya daripada Pemilik Hotel

Salah satu pengalaman menyupirnya yang paling berkesan yaitu saat Pak Hengky menjadi supir seseorang yang memiliki beberapa hotel mewah. Waktu itu, si penumpang duduk di sebelah pak Hengky. Orang tersebut memakan bubur sambil menitikkan air mata. Pak Hengky bertanya kepada orang tersebut, “Hbu kenapa kok menangis?”. Lalu dia bilang “Heng, saya memang memiliki harta yang banyak. Saya bisa pergi keliling dunia ke tempat mana saja yang saya mau. Namun, saya divonis sama dokter bahwa saya tidak memakan apapun kecuali bubur karena saya punya penyakit. Pak Hengky dalam hati mengatakan, “Berarti saya lebih kaya dari kamu. Saya bisa makan apa pun yang saya sukai tanpa harus khawatir terkena penyakit.” Ternyata kesehatan adalah kekayaan yang luar biasa. Meskipun harta berlimpah tetapi tidak bisa menikmati sama saja. Belum tentu orang kaya memiliki kesehatan sebaik kita.

#Kamu Jangan Menyesal Dengan Hidup Kamu Sekarang, Tapi Kamu Harus Hidup Lebih Baik

Inilah nasehat luar biasa dari seorang supir yang berhasil. Pak Hengky mengambil hikmah dari perjalanan hidupnya selama ini. Meskipun dia bukan berasal dari keluarga berada, beliau tidak mau mengeluh apalagi menyerah. Sebaliknya beliau berusaha untuk selalu fight agar kehidupannya berubah menjadi lebih baik. Dan berkat ketekunan, kejujuran dan semangatnya selama ini, kehidupan berubah drastis 180 derajat dibandingkan

#Hobi membaca, biar nasib sopir, tetapi tidak mau kalah

Saya salut dengan hobi Pak Hengky yang jarang dimiliki oleh supir kebanyakan yaitu membaca. Ternyata Pak Hengky hobi sekali membaca buku terutama yang berkaitan dengan manajemen. Maklum, rata-rata penumpang taksi Pak Hengky adalah bos perusahaan atau orang-orang penting. Agar kalau diajak ngobrol nyambung, Pak Hengky menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membeli buku. Wajar saja jika pengetahuan Pak Hengku wawasannya sangat luas. Meskipun bukan seorang sarjana, untuk urusan belajar beliau tidak mau kalah. Salut..

# Sukses di usia 40 tahun
Pak Hengky berpesan kepada saya dan rekan saya yang masih muda bahwa orang ketika menginjak usia 40 tahun harus sukses. Sukses disini berarti memiliki keluarga harmonis dan kondisi finansial sudah mapan. Dengan demikian, kita bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia.

Dalam perjalanan selama 2 jam dari Balikpapan menuju Samarinda, banyak hikmah kehidupan yang bisa saya petik dari seorang motivator jalanan yaitu Pak Hengky. Terima kasih banyak Pak atas ilmu dan nasehatnya. Semoga kita diberi umur panjang agar bisa bertemu kembali.

Saya yakin di luar sana masih banyak orang-orang yang kelihatannya memiliki profesi remeh, tetapi menyimpan kisah hidup dan kebijaksanaan hidup yang luar biasa.

Semoga bermanfaat...=)
 
;