Sabtu, 21 April 2012

CARA MENJADI MC HEBAT

Peranan MC (Master of Ceremony) sangat penting dalam suatu acara. Keberhasilan suatu acara sangat ditentukan oleh bagaimana MC membawakan acara. MC ibarat seorang sutradara yang mengatur jalannya acara. MC yang hebat mampu membawakan acara dengan baik, menghidupkan acara dan memberikan kesan positf terhadap audien.

Berikut langkah-langkah untuk menjadi MC hebat:

1.   Menguasai teknik vokal
Teknik vokal merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang MC. Penguasaan teknik vokal membuat kata-kata yang diucapkan menjadi enak didengar dan mudah dipahami. Sebaliknya, teknik vokal yang buruk membuat
2.   Berpenampilan terbaik
Seorang MC menjadi pusat perhatian peserta atau undangan dalam suatu acara. Kenakan pakaian terbaik yang Anda miliki sesuai tema acara. Jika acaranya formal, kenakan pakaian formal pilihan. Jika acaranya non formal, kenakan pakaian casual. 
3.   Menggunakan bahasa tubuh secara tepat
Bahasa tubuh merupakan bagian dari komunikasi non verbal. Suasana hati bisa tercermin dari bahasa tubuh yang digunakan. Gunakan bahasa tubuh yang terbuka dan meyakinkan. Misalnya berdiri tegap, melangkah dengan mantab, dan lain-lain.
4.   Percaya diri
MC yang percaya diri akan mampu mempengaruhi audien untuk menciptakan suasana. Selain itu, MC yang percaya diri akan jauh kelihatan menarik di mata audien. Kunci percaya diri adalah persiapan, latihan dan penguasaan diri.
5.   Tampil memikat
Maksud tampil memikat adalah MC mampu memberikan kesan yang mendalam terhadap audien. MC bisa melakukan eye contact dan menjiwai setiap kata-kata yang diucapkan. Sehingga bisa “menaklukkan” audien.
6.   Teknik penyampaian menarik
Banyak teknik yang bisa dipakai MC agar acara menjadi lebih hidup seperti ice breaking, humor, ekspresi wajah, story telling, dan sebagainya. Teknik penyampaian yang monoton dan umum membuat audien menjadi cepat bosan.

Jika Anda mampu melakukan enam langkah di atas, maka Anda akan dikenal sebagai MC hebat. Semoga bermanfaat.

Salam surplus!

Penulis : Rizal Surplus MPD
20 April 2012
Sumber gambar: www.philipwagner.com.au

0 komentar:

Posting Komentar

 
;