Minggu, 05 Agustus 2012

MENJADI MAKELAR REZEKI BERSAMA JAMIL AZZAINI

“Makelar Rezeki”… Wow apaan tuh! Saya lihat papan publikasi di Gramedia. Ada Seminar Makelar Rejek,i dengan pembicara Bapak Jamil Azzaini, hari Sabtu tanggal 14 Juli 2012. Wah acaranya kayaknya mantab nih.

Saya tahu nama Pak Jamil Azzaini dari website lembaga training KUBIK. Beliau adalah trainer yang mencetuskan istilah “Sukses Mulia”. Kata beliau, menjadi orang sukses tidak cukup. Hdup harus mulia. Kesuksesan duniawi harus diraih dengan cara mulia dan digunakan untuk memberi manfaat bagi sebanyak-banyaknya orang. Beliau juga menjelaskan kalau sukses itu ada 4 macam: Sukses Kata, Sukses Cinta, Sukses Harta dan Sukses Tahta. Pokoknya beliau salah satu pembicara terkenal di Indonesia.

Pagi itu, saya diberitahu teman saya kalau ada undangan gratis Seminar Pak Jamil. Saya senang banget. Saya langsung meluncur ke Hotel Gajah Mada. Di meja registrasi peserta seminar, saya mendapat tiket VIP beserta buku ”Makelar Rejeki” karya Pak Jamil Azzaini. Asyikkk....

Lalu saya melihat ada fotografer memakai seragam biru hitam sedang asyik mengambil gambar seluruh isi ruangan. ”Sepertinya saya kenal orang ini,” gumam saya dalam hati. Ternyata beliau adalah Mas Dodi pemilik Bening Photography. Beliau datang ke seminar atas undangan temannya, Pak Jamil. Singkat cerita Pak Jamil adalah klien Mas Dodi. Mas Dodi datang bersama rombongan tim, Afin dan Tari.

Saking baiknya Mas Dodi, saya mendapat kesempatan foto bareng Pak Jamil dengan difoto langsung oleh Mas Dodi pake kamera DLSR. Asyek... Tidak cuma itu, buku Makelar Rejeki milik saya ditandatangani langsung oleh penulisnya, Pak Jamil. Asyeeek ...

Hari itu seperti mendapat rejeki nomplok! Seminar gratis, buku gratis, foto gratis, kue gratis... Semuanya serba gratis...tis...tis...!!! Hehe... Padahal seminarnya gak murah lho =D

Well, akhirnya seminar dimulai...

Saya duduk di bangku VIP paling depan. Pak Jamil tampil di atas panggung membawakan materi Makelar Rejeki. Ada yang berbeda dengan cara penyampaian beliau. Beliau menggunakan cerita untuk menyampaikan isi materi. Banyak sekali cerita lucu maupun cerita menyentuh hati yang beliau bawakan. Cara menyampaikan beliau penuh ekspresi hingga penonton terbawa. Waktu cerita lucu, penonton terbahak-bahak. Waktu ceritanya sedih, beberapa orang di menangis sesenggukan.

Ada banyak ilmu yang saya dapat di Seminar Makelar Rejeki Pak Jamil. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

# FOKUS PADA KITA
Menurut penelitian, orang sukses berfokus kepada kata ”KITA”. Bukan ”AKU”. Orang sukses pasti hidupnya tidak memikirkan diri sendiri. Tetapi juga memikirkan orang lain. Beliau memberi contoh laut mati. Laut mati mendapatkan input dari sungai tetapi tidak pernah dialirkannya ke tempat lain. Sedangkan ada danau Jordan yang dia mendapat suplai air dari sungai, lalu mengalirkannya ke tempat lain. Danau tersebut menjadi hidup, bersih dan hijau sebab tanaman tumbuh subur di sekelilingnya.
Beliau bilang kalau hidup kita ingin dipermudah, maka mudahkanlah urusan orang lain. Kalau ingin sukses, sukseskanlah orang lain. Beliau memberi kisah ada pemilik usaha yang membangun rumah sakit gratis untuk orang miskin. Sebab ibu beliau pernah sakit dan tidak memiliki biaya untuk ke rumah sakit. Akhirnya beliau berjanji kepada diri sendiri untuk membangun rumah sakit khusus bagi orang miskin agar mereka tidak memiliki nasib yang sama dengan ibunya.

# BEKERJA PADA PASSION
Passion merupakan kunci utama dalam meraih prestasi. Orang yang bekerja bukan pada bidang yang disenanginya, maka biasanya dia bekerja malas-malasan. Ciri passion yaitu kita senang melakukannya walau tanpa dibayar sekalipun. Semuanya bisa diawali dengan menuliskan hal-hal apa saja yang kita senang melakukannya. Bahkan sampek lupa makan dan lupa tidur.

# MENINGGALKAN JEJAK
Orang sukses itu meninggalkan jejak. Jejak di sini berarti yang prestasi yang meninggalkan manfaat dan diakui oleh masyarakat luas. Ketika dia meninggal, namanya masih dikenang orang.

# MELAKUKAN YANG TERBAIK
Apapun  profesinya, lakukanlah yang terbaik. Ketika di kantor lakukanlah yang terbaik yang bisa dilakukan. Jangan menjelek-jelekkan tempat kita bekerja. Itu sama saja dengan meludah ke sumur, tapi kita masih minum air dari sumur tersebut. Ketika di rumah, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya bersama keluarga. Beliau mencontohkan sering menemani dan mengajak anaknya bermain.

# BERBISNIS DENGAN CARA PROFESIONAL DAN SPIRITUAL
Jika ingin bisnis kita lancar, jangan hanya ditempuh dengan jalan profesional tetapi juga spiritual. Maksudnya sisihkan sebagian harta untuk orang yang kurang mampu. Istilah kerennya sekarang ”Sedekah”. Beliau mengisahkan kisah temannya yang bisnisnya selalu macet dan memiliki sisa uang 7 juta. Beliau menyarankan temannya untuk menyedekahkannya. Setelah beberapa waktu, akhirnya dia mendapatkan order senilai 700 juta. Temannya langsung menangis bersyukur kepada Tuhan.

Anyway, seminar hari itu sangat menyentuh kalbu. Hingga tanpa sadar, saya pun ikut menitikkan air mata seperti peserta seminar yang lain. Padahal saya biasanya suka bikin tangis orang waktu ngasih renungan ke peserta pelatihan. Eh di Seminarnya Pak Jamil kok saya yang malah nangis. Hehee....

Meskipun banyak cerita yang menyentuh kalbu, namun Pak Jamil orangnya kocak habis. Peserta dibuat tertawa terbahak-bahak selama Seminar. Lumayan buat ngilangin stress! =D
TOUCHING, AWESOME & POWERFUL! Begitulah kira-kira kesan saya terhadap Seminar tersebut. Semoga saya bisa mengikuti jejak beliau sebagai trainer handal sekaligus menjadi makelar rejeki seperti yang dijelaskan dalam seminar dan buku beliau.
Terima kasih Pak Jamil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;